Matou Sakura adalah gadis yang akan menjadi heroine (tokoh perempuan utama pendamping tokoh protagonis laki-laki) di dalam cerita alternatif dari Fate/stay night Heaven’s Feel. Bagi para penggemar anime, kepopuleran Sakura pasti belum seterkenal Saber dan Tohsaka Rin, tapi bagi para penggemar novel visual, bisa jadi dialah tokoh heroine favorit mereka.

Matou Sakura
(myanimelist)

Seperti yang kita ketahui sebelumnya Fate/stay night Movie: Heaven’s Feel – I. Presage Flower akan segera hadir di bioskop Jepang dan dunia pada bulan Oktober tahun 2017. Movie ini akan menjadi penutup serial original dari seri Fate/stay night, kecuali jika Kinoko Nasu selaku penulis ingin membuat satu lagi narasi yang menjadikan Illyasviel sebagai heroine yang terkadang dituntut oleh para penggemar yang berceloteh dalam forum-forum: ‘Justice for Lolis’.

Sekilas tentang Matou Sakura

Gambar diambil dari potongan video klip pembuka dari Fate/stay night realta nua.

Gadis ini lebih sering menunjukkan senyumannya pada Emiya Shirou sang protagonis dari Fate/stay night. Di luar itu, ekspresinya nampak menyembunyikkan sebuah kegelisahan, ketakutan, keraguan, dan ketidakpejalan hidup.

Cuplikan ketika Sakura menyiapkan sarapan untuk Shirou dalam novel visual Fate/stay night (2005).

Hampir setiap pagi, Sakura berangkat ke rumah Shirou untuk menyiapkan sarapan bagi sang protagonis. Seperti nampak tidak pernah betah di rumahnya, Sakura pun kerap ikut sarapan bersama Shirou dan Taiga di rumah itu. Senyumnya selalu mengembang manis ketika momen itu ia jalani.

Sakura nampak begitu loyal dan ingin terus berada di sisi Shirou karena lelaki inilah yang kerap melindungi Sakura dari perundungan (bully) yang kerap dilakukan oleh saudara laki-laki Sakura yaitu Matou Shinji. Rasa simpati Shirou yang begitu besar terhadap Sakura membuat gadis itu merasa aman di dekat Shirou.

Matou Sakura
Salah satu adegan interaksi Sakura dan Shirou dalam novel visual Fate/stay night.

Bila nanti movie ini tayang dan kalian berkesempatan untuk menontonnya, kalian akan melihat bahwa kehidupan Matou Sakura jauh-jauh lebih berat dari dua heroine sebelumnya (Saber dan Tohsaka Rin).

Saber dan Rin masih mempunyai kekuatan untuk melindungi dirinya sendiri, sedangkan Sakura —sama sekali tidak memilki kontrol terhadap hidup dan kehidupannya sendiri. Layaknya boneka atau hamba sahaya yang hanya menjadi mainan majikannya.

Orang-orang brengsek yang menghancurkan keseimbangannya tidak lain dan tidak bukan adalah keluarga Matou itu sendiri: Matou Zouken, kepala keluarga yang ambisius sekaligus mengaku sebagai kakek Sakura dan juga Matou Shinji yang selalu merundung Sakura dalam banyak bentuk.

Misteri dari Fate/zero yang Mungkin akan Diungkap di Heaven’s Feel

Dalam prequel dari serial Fate/stay night yang naskahnya ditulis oleh Kinoko Nasu yang berduet dengan salah satu penulis naskah novel visual dan anime terkenal bernama Gen Urobuchi, diceritakanlah bagaimana semua kemalangan Sakura ternyata sudah dimulai sejak ia kecil.

Matou Sakura. Matou Kariya
Kariya Matou yang sudah bertransformasi menjadi setengah monster. Cuplikan diambil dari serial Fate/zero.

Hanya Matou Kariya, orang yang mati-matian melindungi Sakura dari teror Matou Zouken. Kariya siap menggadai nyawanya dalam Holy Grail War agar Sakura bisa hidup normal seperti anak-anak seusianya. Usaha Kariya yang penuh dengan penderitaaan sangat jelas terlukiskan dalam serial anime Fate/zero.

Matou Sakura
Kariya yang memeluk dan berjanji pada Sakura untuk menyelamatkan kehidupannya. Cuplikan dari anime Fate/zero.

Fate/stay night: Heaven’s Feel-lah yang akan menjadi kunci dari jawaban masa depan Sakura. Setelah dalam dua narasi cerita (Fate dan Unlimited Blade Works) hidupnya seakan terkatung-katung, saatnya narasi Heaven’s Feel akan menjembatani semua kehancuran penderitaannya.

Matou Sakura
(wallpaperup.com)
Matou Sakura
(myanimelist)

Apa rencana Matou Zouken untuk memanipulasi Holy Grail War dengan memanfaatkan Matou Sakura? Bagaimana nasib Emiya Shirou yang harus kehilangan Servant lebih awal dalam narasi Heaven’s Feel? Siapakah Master dari sosok Servant Saber berjubah hitam? Penderitaan dan kebahagiaan seperti apa yang akan Matou Sakura rasakan?

Temukkan jawabannya dalam Fate/stay night Movie: Heaven’s Feel – I. Presage Flower. Kalau udah ga sabar, ya coba saja mainkan novel visualnya! Tapi, ya kalian tak akan mendapatkan pengalaman sinematik teranyar dari film ini loh! Jangan sampai menyesal!