Bagi kalian para pengguna game bajakan di PC, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama group yang satu ini. Sempat lama tidak bisa dibobol, akhirnya proteksi Denuvo hancur di tangan CPY.

CONSPIR4CY atau yang biasa disebut CPY, merupakan satu-satunya warez group yang sanggup menghancurkan proteksi game terbaik saat ini, yaitu Denuvo. Di versi awal Denuvo, memang ada 3DM (warez group asal China) yang juga sanggup menghancurkan Denuvo, namun kebanyakan dari crack yang mereka hasilkan tidak sebaik yang dihasilkan oleh CPY. Selain itu juga 3DM telah memutuskan hiatus sampai waktu yang tidak ditentukan sehingga hanya CPY yang mampu dan bertahan hingga saat ini.

Kalau kalian mengikuti sepak terjang CPY belakangan ini, hal yang menarik dari perilisan setiap crack dari game yang mereka hancurkan adalah sebuah petunjuk. Para gamers seakan-akan diminta menjadi ‘detektif’ untuk menebak game apa yang kemudian akan dirilis cracknya oleh mereka dari petunjuk yang mereka berikan.

Apa maksud mereka melepas petunjuk dahulu lalu kemudian baru melepas cracknya? Kenapa tidak langsung menyebarkan crack seperti apa yang selama ini dilakukan warez group lain? Tidak ada yang tahu pasti kenapa CPY melakukan hal tersebut. Tapi menurut saya hanya mencari sensasi. Ya, hanya sensasi, tidak lebih dari itu.

Selain membuat dan mencari sensasi dengan menjadi satu-satunya warez group yang mampu menghancurkan Denuvo, sepertinya CPY ingin makin menunjukkan eksistensi mereka kepada publik kalau mereka saat ini adalah warez group terbaik di dunia. Salahkah jika mereka melakukan hal ini? Bisa iya, bisa tidak.

Apa yang CPY lakukan dengan merilis crack game-game Denuvo tersebut jelas tidak bisa dibenarkan, tapi lain cerita jika hal tersebut ‘memaksa’ para developer games dan Denuvo itu sendiri memperbaiki celah keamanan dan mengembangkan proteksi mereka lebih baik lagi. Seakan-akan CPY berkata, “Game lu gw bajak, lu harusnya terima kasih sama gw karena gw udah tau kelemahan lu, mendingan lu benerin deh daripada gw ancurin terus”. Masuk akal bukan?

Tapi, yang dilakukan CPY tidak selalu negatif. Tidak seperti kebanyakan warez group yang ‘meminta donasi’ untuk keberlangsungan group mereka sendiri, ada hal yang patut di contoh dari mereka. Mereka meminta siapa saja yang ingin memberikan donasi ke mereka untuk mengalihkan donasi mereka ke Italian Red Cross (Palang Merahnya Italia) untuk disalurkan kepada para korban bencana alam di Italia.

Kembali ke crack Denuvo, tampaknya untuk beberapa waktu ke depan mereka akan tetap menjadi satu-satunya yang sanggup menghancurkan proteksi dari Denuvo. Menarik ditunggu game apa yang akan di ‘hancurkan’ lagi oleh mereka. Let’s wait and see.

EDITED:

Saat ini, sudah ada cracker lain yang berhasil menembus proteksi Denuvo versi terbaru selain CPY, yaitu Baldman (Rusia).