Pasca Seal Online Indonesia gulung tikar, tak sedikit mantan pemainnya bermigrasi ke Seal Online Blade of Destiny yang bisa dibilang Seal Online Internasional karena pemain dari seluruh dunia bisa mengakses gim ini.

Ternyata migrasi dari para pemain Seal Online Indonesia tersebut merupakan sebuah mimpi buruk bagi kebanyakan pemain Seal Online Blade of Destiny. Cheat yang sering digunakan oleh kebanyakan pemain Seal Online Indonesia adalah salah satu penyebabnya.

Ibarat Bani Israil tanpa Musa, exodus ex-pemain Seal Indonesia perlahan mulai mempraktekan kejumudannya.

Dampak Migrasi Pemain Indonesia dari Perspektif Pemain Seal Blade of Destiny

Seal Online Internasional

Menurut keterangan dari Fadel ‘Nightvision’ Muhammad, salah satu pemain Seal Online Blade of Destiny sekaligus ketua dari Guild Twilight, isu migrasi pemain Seal Indonesia berdampak pada terjadinya hiperinflasi (menurunnya nilai mata uang secara kontinu hingga lebih dari 100%) dalam satuan cegel (mata uang di Seal).

Hal ini tentu saja merugikan para pemain, dengan terlalu banyaknya mata uang itu atau cegel itu merugikan para pemain terutama pemain yang bermain tanpa voucher.

“Trus masalah inflasi dulu tuh contoh: harga ruby yang dulunya cmn 5 juta/pcs skrg jadi 60 juta/pcs,” kata Nightvision.

“Tahun 2013 – 2014 tu masi aman, semenjak pertengahan 2015 sampe 2016 akhir naik, cuman naiknya perlahan. Pas akhir tahun kemarin (isu penutupan Seal Indonesia mulai tercium) sampe sekaramg itu mulai drastis,” tambah Nightvision.

“Dengan terlalu banyaknya mata uang atau cegel itu merugikan para player terutama player yang main tanpa voucher dan  harga barang jadi mahal dan bikin orang males main karena harga barang in-cegel mahal dan ga karuan,” ujar Nightvision.

Nightvision yakin bahwa penutupan Seal Indonesia bukan karena masalah kurangnya peminat, cheat dan respon Game Master dari Seal Indonesia itu sangat lambat dalam menanggulangi masalah cheater. Akibatnya, banyak pemain yang mundur perlahan.

Beberapa Contoh Cheat yang Sudah Eksis

  • Critical dan ASPD Hack

Salah satu video cheater yang menggunakan critical cheat pasca migrasi mantan pemain Seal Indonesia ke Seal Blade of Destiny. 

ASPD hack atau attack speed hack bisa membuat karakter memiliki tingkat kecepatan serangan yang takut masuk akal, bila critical dan aspd hack digunakan secara bersamaan, dapat menyebabkan karakter terlalu overpower, sehingga pengguna cheat tersebut dapat melakukan Solo Bossing.

Makin mudahnya membunuh Boss, menyebabkan rare item berupa box semakin menjadi semakin murah, para pemain yang menghabiskan waktunya bermain secara jujur pun bakal makin makan hati.

  • Disconnected Hack

Selain video di atas, cheat disconnected hack (membikin pemain logout secara paksa ketika bermain) adalah cheat yang makin marak pasca tutupnya Seal Indonesia. Hal ini sangat mengganggu karena apabila si cheater membikin kita DC di dungeon yang aksesnya hanya terbuka 1-4 hari sekali, bakal sangat merugikan pemain yang farming.

“Parah nya lagi kalau dc + disangkutin ke map error, itu bisa bikin char jadi eror dan ga bisa login,” tambah Nightvision.

Seal Online Internasional

  • Cheat Area dan No skills Delay

“Gunanya buat memperbesar area dan membuat skill menjadi ga punya jeda. hal ini ngerugiin karena pasti semua monster dalam area map itu keambil untuk cheater itu sendiri,” ungkap Nightvision.

Tempat farming yang seharusnya buat bersama pun dapat cheater sulap menjadi dunia milik sendiri dan memaksa pemain lain offscreen dari dunia virtual.

Beberapa cheat tersebut terkadang membuat stabilitas server pun terganggu. Imbasnya terjadi lag massal yang bikin pemain semakin jengkel. Niat bermain untuk mencari hiburan malah harus menghadapi keruwetan.

Walau belum terjadi, cheat yang paling menjengkelkan dan kerap digunakan oknum pemain Seal Indonesia adalah dupe alias menduplikasi barang sekehendak jidat para cheater. Bisa dibayangkan bencana katastropik apa yang akan terjadi di Seal Online Internasional bilamana cheat itu berhasil nebeng exodus bareng para oknum cheater dari Seal Indonesia.

Respon dari GM Seal Online Internasional

Bila dibandingkan dengan Game Master Seal Indonesia, Nightvision menilai GM Seal Online Internasional lebih cepat tanggap dan responsif dalam menanggulangi para cheater. Namun, isu mengenai cheat tentu saja akan terus berlanjut bilamana akar dan dalang dari kelakuan curang ini tetap saja berlangsung. Seal Online Internasional

Menyikapi Cheat yang Makin Marak di Seal Online Internasional

Perlu kesadaran kolektif untuk menghentikan penyakit ini. Para pemain pun sebaiknya segera melapor pada GM untuk mencegah para cheater berulah apabila ada indikasi penggunaan cheat dalam Seal Online Blade of Destiny.

Seal Online Internasional

Nightvision mengakui, para pengguna cheat pasti bakal cepat kaya di semesta Seal Online. Tapi, umur-umur gim online yang sudah terkontaminasi oleh cheat niscaya bakal cepat tutup usia bila game balance dalam gim tersebut sudah mulai amburadul dan para pemain tidak dapat lagi menikmati gim tersebut.

Walaupun penggunaan cheat bisa dilakukan oleh siapa saja selain orang Indonesia, namun kita harus lebih merenungkan fenomena dan realitas yang terjadi sekarang. Mengapa cheat malah makin parah semenjak tutupnya Seal Indonesia? Mengapa hiperinflasi makin drastis pasca bubarnya Seal Indonesia?

Kita bisa berspekulasi, bahwa walaupun bukan sebagai satu-satunya faktor, mayoritas pengguna cheat bisa dipastikan didominasi oleh oknum pemain Indonesia.

Bayangkan jika Seal Online Blade of Destiny sudah terkontaminasi cheat dengan vonis stadium akhir. Kamu tak bisa lagi bersenda gurau bersama guild favoritmu, tempatmu curhat, dan melepaskan penat.

Bayangkan jika Seal Online Blade of Destiny tak bisa lagi menjadi tempat ajangmu couple-an bareng pasangan virtual favoritmu. Kepala muter-muter, hati ikut baper.

Seal Online Internasional

Bilamana salah satu cheater membaca artikel ini, mohon renungkanlah secara mendalam perbuatan kalian. Masih inginkah menghancurkan citra pemain Indonesia di mata dunia? Haruskah stereotipe pemain Indonesia terlabelkan dengan uangkapan: ‘go to hell with your cheats?’

Masih abai pada contoh kasus Seal Online Indonesia yang mati tanpa bisa respawn lagi?

*Artikel ini telah mengalami beberapa perubahan demi memberikan detail yang lebih informatif mengenai cheat, khususnya demi kenyamanan penikmat Seal Online Blade of Destiny.