Vriends, kita balik lagi bahas mengenai mobil yang ada di game dan pastinya udah pernah kalian mainin. Kali ini bahasan nya lebih bercabang dari sebelumnya karena kendaraan ini memiliki sejarah yang luar biasa

Sejarah

Skyline adalah mobil sedan buatan Prince Motor Company ditahun 1957 dan ketika Nissan dan Prince bergabung menjadi satu perusahaan, nama mobil buatan Prince yang sebelum nya Prince Skyline berubah menjadi Nissan Skyline.

Skyline GTR mulai dijual pada tahun 1969 dengan kode sasis KPGC10, diberi nama hakosuka karena mobil ini berbentuk kotak dan suka adalah skyline namun penyebutan orang jepang sukairain. Mesin yang digunakan adalah S20 Inline 6 yang menyalurkan tenaganya ke transmisi 5 percepatan.

Nissan Skyliner GTR KPGC10 “Hakosuka”

setelah sukses menjual Hakosuka, Mereka melakukan penyegaran pada Skyline GTR, ditahun 1972 rilis Skyline GTR dengan kode sasis KPGC110. Mesin yang digunakan masih sama dengan generasi sebelumnya namun menggunakan transmisi 6 percepatan.

Nissan Skyliner GTR KPCG110 “Kenmeri”

Mobil ini disebut kenmeri karena iklan mobil ini menceritakan pasangan remaja yang bernama Ken dan Mary yang sedang menikmati keindahan jalanan Hokkaido.

Setelah absen ditahun 1973 karena Gasoline Crisis, Nissan akhirnya kembali membangkitkan model terbarunya dengan kode sasis BNR32 ditahun 1989. pembugaran ini mengubah total Skyline.

Nissan Skyline GTR BNR32 “Godzilla”

Mesin yang digunakan pada R32 adalah RB26DETT, sangat populer dikalangan tuner mobil karena dengan displacement sebesar 2600cc, Skyline GTR dapat menyemburkan tenaga nya sebesar 300hp keatas dan mesin ini tetap digunakan sampai Skyline GTR R34.

Nissan RB26DETT

Mengapa 300 keatas? untuk angka yang diakui oleh Nissan hanya 276hp dan hal itu terjadi karena ditahun 1989 Pemerintahan jepang membuat sebuah peraturan yang dikenal dengan Gentleman’s Aggrement, peraturan ini mengharuskan produsen mobil sport hanya menjual kendaraan dengan tenaga hanya 276hp.

Setelah penjualan R32 meroket, Nissan melakukan refreshing pada GTR dengan mengeluarkan BCNR33 yang tidak terlalu dilirik para Car Enthusiast karena bentuknya yang kurang menarik dan juga memiliki beban yang lebih berat dibanding generasi sebelum nya.

Lanjut ditahun 1999, Nissan kembali melakukan pembugaran pada Skyline dengan kode sasis BNR34. Skyline dibuat sangat canggih pada zaman nya dengan adanya LCD berukuran 5,8 inch ditengah dashboard yang berfungsi menampilkan temperatur mesin, boost turbo, dan lainnya. kecanggihan tidak berhenti disitu, disektor kaki kaki terdapat Attesa E-TS yang dapat mengendalikan power yang akan diberikan ke 4 roda.

Kelebihan Skyline di Gran Turismo

Kita sudah tau betapa realnya game ini, lalu apa yang membuat Nissan Skyline GTR sangat digemari para gamers Gran Turismo?

sudah pasti alasan pertamanya adalah kalian dapat merasakan sensasi berkendara didalam mobil buatan jepang ini walaupun tidak pernah menunggangi sama sekali. Pilihan model pada game tersebut sangat banyak dan juga kustomisasinya yang mirip dengan apa yang dijual dipasaran.