Mengapa dalam setiap game selalu ada saja bumbu MSG bernama fan service?

Zaman sekarang fan service merupakan hal yang sangat wajib diselipkan dalam sebuah game, mengapa demikian? Karena ini merupakan bumbu yang dapat membuat para gamer terpuaskan.

Fan service sendiri berasal dari jepang (ファンサービス , fan sābisu) dan tentu saja asal mulanya dari anime dan manga fandom, yang akhirnya sekarang banyak digunakan oleh berbagai media lainnya, dan menjadi bahasa yang sering digunakan. dan mempunyai arti memberikan service untuk para fans sesuai dengan apa yang para fans harapkan sehingga dapat memuaskan para fans.

Dengan semakin banyaknya fans dari sebuah anime, manga, game, dan lain-lain, tentu saja semakin banyak sekali kemauan para fans, disinilah peran penting fan service sebagai pemuas para fans, tentu saja terkadang service ini di tujukan pada fans laki-laki namun mulai baru-baru ini banyak sekali service yang ditujukan untuk para kaum hawa.

 

Love Live School Idol Project!, Contoh Fan Service Untuk Kaum Adam
Love Live School Idol Project!, Contoh Fan Service Untuk Kaum Adam

 

Free! Contoh Fan Service Untuk Kaum Hawa
Free! Contoh Fan Service Untuk Kaum Hawa

 

Secara umum fan service merujuk kepada sebuah adegan yang dapat membuat para pemain menjadi excited atau menjadi doki-doki ketika bermain game, dan sering sekali didefinisikan sebagai pemuas nafsu para gamers, dimana biasanya fan service sendiri sering berupa baju-baju yang sexy atau mungkin baju yang robek robek karena perang seperti karakter-karakter Metal Gear Solid dan Resident Evil, atau mungkin memperlihatkan bentuk tubuh dan menggunakan pakaian-pakaian yang minim, atau hingga adegan-adegan berkonten dewasa, namun tentu saja selain itu masih banyak lagi service yang tentu tidak sekedar mengumbar nafsu, bisa seperti robot-robot canggih keren seperti Gundam, atau efek ledakan-ledakan yang benar-benar explosive, dan lain lain.

Game Gundam yang Dengan Rilisnya Saja Sudah Menjadi Fan Service Bagi Penggermar Mecha
Game Gundam yang Dengan Rilisnya Saja Sudah Menjadi Fan Service Bagi Penggermar Mecha

 

Lalu apa hubungan antara fan service dengan peningkatan penjualan games? Dengan jumlah gamers yang di hampir didominasi oleh laki-laki, tentu saja fan service merupakan sebuah bumbu pemanis sebuah game, yang dapat membuat game semakin menarik dan tidak bosan dimainkan, contoh: apabila sebuah game rilis dan mempunyai karakter yang sangat dicintai oleh para gamer, tentu saja kelanjutannya para gamer mengharapkan sebuah service dari karakter favorit mereka dan itu menjadi nilai plus buat sebuah game agar dapat meningkatkan penjualan.

Nier Automata, Games Populer yang Sangat Kental Aroma Fan Servicenya
Nier Automata, Games Populer yang Sangat Kental Aroma Fan Servicenya

 

Jadi, sudah jelas terlihat sekali fan service benar-benar penting dalam meningkatkan penjualan games, karena pada dasarnya semakin games terkenal semakin banyak pula fans dari games tersebut untuk meminta sebuah service dari karakter-karakter yang ada dalam games tersebut, banyak sekali emang pro dan kontra dari fenomena ini namun pada dasarnya semakin banyak permintaan dari para gamer, tentu saja para developer games pun berupaya sedemikian rupa untuk memuaskan para fans. Bisa terlihat dari game Nier Automata, bagaimana mungkin seorang perempuan dengan mata tertutup memakai baju gothic lolita dan high heels bisa bergerak lincah dan berperang melawan robot yang jahat? Tapi pada kenyataannya game ini sangat populer! Ya, dikarenakan VV pun jujur senang sekali dengan busana yang dipakai oleh 2B ini sangat eye catchy sekali dan tentu saja favorit hampir seluruh gamer kaum adam.