Game RPG merupakan game yang selalu disukai oleh para gamers. Mulai dari muda sampai yang dewasa. Game Genre ini memiliki daya tarik yang berbeda-beda menurut para gamers seperti Storyline, gameplay, hingga latar tempat.

Tentu para gamers memiliki game andalan masing masing seperti seri Final Fantasy, Persona, Legend of Dragoon, Breath of Fire. Apabila gamers jadul pasti setuju tentang game di atas berbeda pendapat dengan gamers modern yang lahir dimana gambar dan soundtrack lebih di pentingkan dari pada gameplay menarik. Berikut perbedaan antara Classic RPG dan Modern RPG;

WAKTU GAMEPLAY

Waktu gameplay pada game Classic RPG dan Modern RPG memiliki perbedaan yang signifikan. Dimana Classic RPG Tergolong sangat Menyita waktu para gamers contohnya game Xenogears memiliki total gameplay 60 jam untuk menyelesaikan game ini berbeda dengan game Modern RPG seperti Soutpark Stick of Truth yang memiliki waktu 19 Jam.

Tentu ini merupakan perbedaan yang sangat jauh dimana game Classic RPG membutuhkan waktu yang sangat lama dikarenakan harus memiliki level yang besar dan equipment lengkap ditambah dengan quest yang terbilang susah sedangkan Modern RPG tidak memiliki formula gameplay seperti itu lagi.

LATAR BELAKANG TEMPAT

RPG Classic
RPG Modern

Latar belakang tempat merupakan elemen penting dalam sebuah game. Setiap game memiliki tempat yang berbeda-beda. Classic RPG rata-rata bertempat di suatu kerajaan dan RPG Modern Memiliki latar tempat yang bisa terbilang sangat modern.

tentu ini kembai lagi ke selera masing-masing apabila berbicara tentang latar namun untuk para gamers dewasa, mungkin tempat latar modern tidak terlalu menarik.

GAMEPLAY

Perbedaan antara
RPG Modern

Tidak di pungkiri bahwa Game Modern RPG memiliki elemen Action yang kuat dibandingan dengan Classic RPG yang lebih mengusung ke turn based gameplay. Tentu RPG sekrang mengikuti apa yang di minta oleh para gamers.

Perbedaan antara
RPG Classic

Sedangkan Classic RPG sejak dulu sudah mempunyai elemen yang tidak berubah sama sekali mulai dari awal Dragon Quest hingga Final Fantasy yang memiliki elemen kental dengan turn based yang membuat genre ini sangat digemari oleh para gamers jaman dulu.

STORY YANG DITAWARKAN

RPG Classic

Ini mungkin elemen terpenting dari sebuah game genre apapun mulai dari Action, Shooter, hingga RPG. Karena Story merupakan daya tarik dari sebuah game yang dibeli oleh para gamers. Classic RPG memiliki story yang rumit dan banyak konflik di dalam story nya seakan-akan para player berada di dalam game yang membuat selalu penasaran apa kelanjutan nya.

Perbedaan antara
RPG Modern

Sedangkan Modern RPG memiliki sotry yang bisa dibilang padat namun para pemain tidak mendapatkan feelnya bahwa kita berada di dalam game tersebut.

Itulah perbedaan antara Classic RPG dan Modern RPG namun dua kategori tersebut pasti mempunyai kekurangan masing masing. Gamers sendiri lebih memilih RPG modern Atau Classic untuk dimainkan ??

Tulis jawabanya di komen komentar ya.