PlayStation 4 bisa dibilang telah memenangkan persaingan di industri konsol generasi saat ini. Konsol andalan Sony ini telah terjual sebanyak lebih dari 90 juta unit hingga tahun 2019 ini. Tentunya ini menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa mengingat PlayStation 3 saja yang notabene merupakan konsol generasi sebelumnya hanya bisa terjual sebanyak 80 juta unit hingga masa kejayaannya berakhir.

Itu semua berkat usaha yang dilakukan Sony untuk memperbaiki kesalahannya dimasa lalu, dari mulai mengembangkan konsol dengan spesifikasi hardware yang mempuni hingga menginvestasikan lebih banyak dana untuk studio bertalenta dibawah naungannya. Akibatnya, tahun 2018 kemarin merupakan masa panen untuknya, dimana game-game eksklusif berkualitas bermunculan dan memperoleh review positif.

Jadi masih ragu untuk membeli PS4 saat ini? Namun ada hal penting yang harus selalu kamu ingat sebelum membelinya, bahwa PlayStation 4 saat ini memiliki 3 varian tipe yang berbeda. Ada PlayStation 4 FAT, Slim, dan juga Pro. Mungkin banyak diantara kamu yang masih bingung mengenai perbedaan antara 3 varian konsol tersebut, oleh karena itu penulis akan mencoba menjawabnya di artikel kali ini.

Harga

PlayStation 4

Harga mungkin akan menjadi pertimbangan pertama dan yang paling utama oleh kebanyakan orang sebelum membeli konsol ini. Pasalnya ketiga varian konsol PlayStation 4 mempunyai harga yang berbeda-beda.

Dari segi harga, saat ini PlayStation 4 FAT lebih murah ketimbang dua varian lainnya karena memang tipe ini merupakan tipe pertama yang dirilis Sony saat peluncuran perdananya tahun 2013 lalu. Untuk harganya, saat ini berkisar antara 2-3 juta rupiah.

Lalu ada PlayStation 4 slim, varian kedua yang diluncurkan Sony tahun 2016. Sony memang selalu mengeluarkan varian slim ini sejak era PlayStation pertamanya dulu, yang biasanya memiliki sedikit keunggulang dibandingkan versi original-nya. Untuk harganya, tipe ini biasanya dibanderol antara 3-4 juta rupiah.

Terakhir, ada PlayStation 4 Pro yang bisa dibilang merupakan tipe paling mahal diantara ketiganya. Karena tipe ini memiliki spesifikasi hardware yang lebih kuat sehingga menawarkan performa jauh melampaui dua varian konsol lainnya. Untuk harganya, PlayStation 4 Pro biasanya dijual dengan harga 5-6 juta rupiah.

Desain

PlayStation 4

Walaupun masih sama-sama menggunakan warna hitam sebagai warna dasarnya, dari segi desain ketiga tipe PlayStation 4 ini memiliki perbedaan pada penampilan dan ukurannya.

PlayStation 4 FAT

PlayStation 4 FAT bisa dibilang memiliki penampilan paling berani karena menambahkan sentuhan panel glossi pada bagian depannya, walaupun terlihat lebih keren namun panel glossi ini juga mudah terkena noda tangan dan debu yang menempel.

Tombol power-nya berupa tochscreen yang terkadang mudah sekali tersentuh secara tidak sengaja. Untuk ukuran, sesuai namanya PlayStation 4 FAT ini berukuran cukup besar dan juga cukup berat namun jika dibandingkan dengan dua varian lainnya, tipe yang satu ini bisa dibilang berada dipertengahan dan tidak terlalu banyak membutuhkan ruang untuk menyimpannya. Menariknya, saat PlayStation 4 FAT ini dalam keadaan menyala kamu bisa melihat garis cahaya biru yang menjadikannya terlihat lebih artistik.

PlayStation 4 Slim

PlayStation 4 Slim, seperti namanya tipe yang satu ini merupakan tipe yang paling kecil dan ramping. Sony juga menerapan desain yang lebih simple, dimana panel glossi sudah tidak disertakan lagi, dan power button diganti menjadi physical power button sehingga tidak akan mudah untuk tersentuh lagi.

Penampilannya kini lebih menyerupai roti lapis, dan kita tidak bisa lagi melihat garis cahaya biru saat PlayStation 4 slim ini dinyalakan. Ukuran dan beratnya juga paling kecil dibandingakan dua varian lainnya, menjadikan tipe ini paling cocok buat kamu yang tidak memiliki banyak ruang dirumahmu ataupun kosanmu.

PlayStation 4 Pro

PlayStation 4 Pro merupakan tipe dengan ukuran paling besar dan paling berat. Bentuknya hampir menyerupai PlayStation 4 Slim, namun ada laipsan baru ditengahnya yang membuatnya kini terlihat seperti roti lapis tiga.

Sama seperti versi slim, tipe ini juga menggunakan physical power button dan panel glossi juga tidak disertakan lagi. Karena ukurannya paling besar kamu membutuhkan ruang yang lebih besar untuk menyimpan PlayStation 4 Pro ini.

Spesifikasi

PlayStation 4

Diawal rilisnya, PlayStation 4 sendiri bisa dibilang merupakan sebuah konsol yang kuat dari segi hardware, namun karena pesatnya kemajuan teknologi terutama dibidang PC hardware, membuat PlayStation 4 seperti ketingalan jaman.

Para developer semakin meningkatkan kualitas visual pada setiap game yang diraciknya, sehingga membuat kebutuhan spesifikasi hardware untuk menjalankannya kian meningkat. Dampaknya untuk game-game yang bukan eksklusif PS4, kualitas visualnya kalah jauh dari versi PC. Hingga Sony pun memutuskan untuk menghadirkan varian konsol dengan kekuatan yang lebih mempuni lewat PlayStation 4 Pro.

Sementara untuk versi slim yang juga diluncurkan oleh Sony ditahun yang sama, tidak ada perbedaan signifikan dari segi spesifikasinya dengan versi FAT, bedanya hanya pada konsumsi daya listrik yang lebih hemat dan kipas pendingin yang lebih sunyi. Untuk lebih jelasnya berikut perbandingan spesifikasi antara ketiga varian konsol PlayStation 4.

Itulah perbedaan antara PlayStation 4 FAT, Slim, dan Pro, mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi informasi menarik buat kamu yang akan membelinya dalam waktu dekat ini. Sekian dari penulis dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.