Hai VirtualVreinds! Apakah banyak diantara kalian yang masih pusing membedakan antara Expansion Pack dan DLC (Downloadable Content). Kedua hal tersebut serasa sudah menjadi kebutuhan bagi Industri game dalam skala global demi meraih keuntungan dalam pembuatan game. Berikut akan kami coba merangkum dan menjelaskan mengenai hal tersbut! ‘So guys, let’s cekidot!’

Munkin masih ada VirtualVriends yang masih bingung membedakan antara Expansion Pack dan DLC, keduanya sama-sama mempunyai hal yang serupa, dimana keduanya sama-sama menambah sebuah fitur baru dalam game, mulai dari jalan cerita, karakter, atau apapun juga sebenarnya dapat menjadi sebuah tambahan, tidak ada perbedaan yang sangat signifikan antara keduanya.

Expansion Pack dan DLC
Expansion Pack dan DLC

DLC adalah sebuah tambahan dan konten yang dapat ditambahkan dalam sebuah games yang di distribusikan oleh pembuat game tersebut atau oleh orang ketiga, atau disebut juga pembuat konten, biasanya DLC ini banyak dan mudah di dapatkan melalui internet. DLC biasanya dibuat untuk ‘menambah nyawa‘ sebuah game agar dapat tetep eksis. Biasanya dengan menambah level baru, karakter baru, fitur baru, objek baru, atau bahkan cerita baru untuk meningkatkan kualitas game tersebut.

DLC didistribusikan melalui internet atau perusahaan console seperti Playstation atau XBOX. Konten dari DLC tergantung dari game itu sendiri. Selebihnya DLC merupakan salah satu aspek yang penting dalam sebuah game, oleh karena itu DLC mulai dijual sebagai salah satu pelengkap untuk memainkan sebuah game tiap waktu ke waktu.

Sama seperti DLC, Expansion Pack atau EP merupakan sebuah tambahan fitur di dalam game yang sudah ada, biasanya seperti RPG, tabletop game atau video game. biasanya EP berisikan area game baru, senjata, objek, atau penambahan cerita baru untuk game yang sudah tamat atau sudah pernah di rilis. dan tentu saja EP di buat oleh pembuat game tersebut.

Biasanya EP tidak bisa dimainkan jika game yang pertama belum kamu install. Karena seperti biasanya EP selalu mengikuti tema yang sudah dibuat sebelumnya. Seperti contoh The Sims series EPnya harus selalu di-install berurutan dan tidak bisa dimainkan tanpa meng-install EP yang sebelumnya, karena selalu ada tambahan-tambahan untuk tema sebelumnya.

Kesimpulannya sebenarnya sudah jelas, bahwa keduanya tidak begitu berbeda jauh, antara DLC dan EP. Dan keduanya sama-sama mudah di dapat bisa di-download melalui internet dan bisa juga beli melalui toko games. Keduanya sama-sama mempunyai harga yang mahal bahkan terkadang lebih mahal dari pada game utamanya. Tapi, keduanya memberikan tambahan gameplay, dan tentu saja menambah keuntungan sebuah perusahaan game. Bahkan, karena harganya yang sangat mahal beberapa perusahaan sering mengenyampingkan fitur utama dari keduanya, dan hanya menambahkan fitur-fitur yang kurang jelas, hanya untuk mendapatkan keuntungan. Tapi, dikarenakan keduanya sudah menjadi sebuah kebutuhan dari sebuah industri game, mau tak mau, jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang baru harus menambahnya dengan DLC atau EPJadi, Kesimpulannya keduanya tak serupa tapi sama 🙂