Beberapa waktu yang lalu, Nintendo cukup menghebohkan para fansnya dengan memperkenalkan varian baru untuk Nintendo Switch. Dinamai Nintendo Switch Lite, versi ini memiliki perubahan yang cukup signifikan terutama dibeberapa fitur yang menjadikan Switch sendiri istimewa dibandingkan konsol lain.

Mungkin keputusan dari Nintendo ini bisa membuat kamu yang memang tertarik untuk membeli Nintendo Switch kebingungan antara memilih Nintendo Switch original ataupun Lite nantinya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini penulis akan membahasnya dalam “5 Perbedaan Nintendo Switch Lite dengan Switch Original.”

Tidak Memiliki Dock Mode

Perbedaan Nintendo Switch

Jika Nintendo Switch original menyediakan dua opsi bermain untuk para pemiliknya secara handheld dan dock mode, Switch Lite hanya menyediakan satu opsi saja yaitu secara handheld. Tidak ada dock mode untuk versi lite ini, meskipun demikian kamu masih bisa menikmati hampir seluruh jajaran game yang telah ataupun yang akan rilis di Nintendo Switch original.

Joy-Con Di Kedua Sisi Tidak Dapat Dilepas

Perbedaan Nintendo Switch

Berbeda dengan Nintendo Switch original, versi Lite ini tidak memungkinkan kamu untuk melepas kedua Joy-Con di sisi layar Switch. Hal ini membuat HD rumble yang sebelumnya menjadi salah satu fitur unggulan dari Joy-Con ini sudah tidak tersedia. Sehingga beberapa game yang memang membutuhkan fitur HD rumble seperti 1-2-Switch misalnya, tidak bisa dimainkan kecuali jika kamu membeli Joy-Con lama secara terpisah.

Berukuran Lebih Kecil dan Lebih Ringan

Nintendo Switch Lite memiliki ukuran lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan versi lamanya. Sebagai perbandingan Nintendo Switch original memiliki Panjang 9,44 inch (Joy-Con terpasang), Tinggi 4 inch, dan layar 6,2 inch. Sedangkan Nintendo Switch Lite memiliki Panjang 8,6 inch, Tinggi 3,6 inch dan layar 5,2 inch sementara untuk ketebalannya, kedua versi ini memiliki ukuran yang sama yaitu 0,55 inch.

Baterai Lebih Hemat dan Tahan Lama

Nintendo Switch Lite dijanjikan akan memiliki ketahanan betarai yang lebih hemat dan tahan lama ketimbang Switch original. Hal itu dikarenakan Nintendo kali ini memang lebih berfokus mengembangkan konsol handheld yang notabene membutuhkan ketahanan baterai yang lebih kuat agar pemainnya tidak khawatir untuk bermain game selama berjam-jam. Berbeda dengan versi original-nya yang hanya bisa bertahan sekitar 2,5-6,5 jam saja Nintendo Switch Lite dikatakan akan bertahan sekitar 3-7 Jam, tergantung game yang dimainkan.

Harga Lebih Murah

Nintendo Switch Lite nantinya akan dibanderol seharga $ 199.99 atau sekitar Rp 2,8 hingga Rp 3-jutaan di Indonesia, USD 100 lebih murah ketimbang versi original-nya. Nintendo sebenarnya tahu betul bahwa harga Nintendo Switch original saat ini memang bisa dibilang kurang bersahabat untuk beberapa kalangan gamer, membuatnya terasa kurang diminati. Sehingga mereka pun pada akhirnya memutuskan untuk menghilangkan beberapa fitur utama Switch agar dapat mengurangi nilai jualnya di pasaran. Dengan mengeluarkan varian Switch yang lebih murah, mungkin saja dapat menarik lebih banyak gamer untuk memilih konsol ini sebagai pilihan utamanya.

Itulah kira-kira 5 Perbedaan Nintendo Switch Lite dengan Switch Original menurut penulis. Semoga saja artikel ini bisa memberi gambaran buat kamu yang bingung antara membeli Switch original atau menunggu Switch Lite rilis tanggal 20 September 2019 mendatang. Sekian dari penulis dan terimakasih sudah membaca artikel kali ini!