Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia Season 4 sudah menyelesaikan seluruh pertandingan di pekan ketujuhnya. Hampir sama dengan pekan lalu, minggu ke tujuh masih menghadirkan kejutan – kejutan seru; seperti Genflix Aerowolf yang mematahkan win streak dari Rex Regum Qeon, melaju pesatnya tim-tim papan tengah, hingga tersungkurnya sang juara MPL ID Season 3, ONIC Esports.

Pada hari pertama pekan ketujuh, ONIC menghadirkan formasi roster yang berbeda dengan menggeser Udil saat bertemu Aura. Sosok Trust dipercaya menjadi figur pengganti Udil yang memiliki performa kurang memuaskan di beberapa pekan terakhir.

Meskipun berimbang di awal pertandingan, ONIC menunjukkan performa yang loyo menuju tahap akhir pertandingan. Hal ini menjadi isu tersendiri di balik torehan poin ONIC yang tidak berubah. Aura Esports memimpin pertandingan dengan skor 2-0 lewat aksi Kaja dari Darkness yang memukau.

MPL

ONIC kembali menelan pil pahit di gelaran MPL ID S4 ketika menjamu Bigetron Esports. Perlu diketahui bahwa Bigetron, Alter Ego dan Aura menjadi tim penghuni papan tengah di pekan ke-5 dan ke-6. Perputaran klasemen yang dinamis menempatkan sang juara MPL ID S3 harus “setara” dengan Bigetron Esports yang memiliki beberapa roster anyar.

ONIC Esports yang sangat memimpin pertandingan mengalami blunder setelah nekat menginisiasi Lord di kala Bigetron masih dalam kondisi prima. Bigetron mendapatkan Wipe-out dan langsung menargetkan base ONIC secara mudah tanpa gangguan. Torehan buruk memperpanjang rentetan kekalahan ONIC sejak tumbang melawan EVOS Esports di pekan ke-5 lalu.

Pertandingan papan bawah juga terjadi di pekan ketujuh MPL ID S4 lewat partai Geek Fam melawan Genflix Aerowolf. Meskipun hasil dari dua tim ini sudah bisa dipastikan namun keduanya masih menunjukkan gaya permainan yang atraktif dan ngotot. Lagi-lagi Aerowolf menelan kekalahan meskipun menyandang status runner-up MSC 2019 dan MPL ID S3.

MPL

Berbeda cerita dengan ONIC, salah tim favorit MPL ID S4, RRQ mampu menundukkan permainan Bigetron Esports yang cukup rapih di pekan ketujuh ini. Hexaz0r dan kawan-kawan belum mampu menundukkan gaya bermain Lemon yang fleksibel dengan roster yang produktif.

RRQ seakan menunjukkan strategi “latihannya” dengan menggunakan salah satu hero terbaru Mobile Legends, yaitu Marsha. RRQ bahkan cukup mendominasi 2 game pertandingan mereka melawan Bigetron. Di game pertama, RRQ membantai Hexaz0r dan kawan-kawan dengan skor 12-4. Demikian juga di game kedua, sang juara MPL ID S2 menekuk Bigetron dengan dominasi kuat di menit 10:58 (22-4).

Hasil yang mengejutkan juga ditunjukkan oleh Genflix Aerowolf setelah menundukkan Tuturu dan kawan-kawannya. GFLX bahkan berhasil mengamankan game pertama dengan cukup dominan. Meski sempat menyamakan kedudukan di game kedua, RRQ harus rela menerima hasil akhir dengan poin 2- 1 untuk GFLX. Namun demikian, RRQ tetap bertengger di peringkat dua klasemen sementara sampai
pekan ketujuh berakhir.

EVOS Esports sendiri menjadi satu-satunya tim yang tidak menelan kekalahan selama gelaran di pekan ketujuh. Meski berhadapan dengan Aura Esports yang tampil memukau di hari Jumat (4/10), namun YAM dan kawan-kawan dibuat mati kutu dengan gaya permainan agresif dari Donkey dan Luminaire. Kemenangan ini memantapkan posisi sang Harimau Putih di puncak klasemen MPL ID S4 sementara.

Kans positif yang diamankan di pekan keenam mampu diamankan Alter Ego. Tim ini tampil cukup kesulitan melawan tim juru kunci MPL ID S4. Gerak sengit Celiboy terus diperhitungkan oleh armada Geek Fam. Penampilan InstincT sebagai ide dan kunci permainan terbukti membuahkan hasil.

Doyok yang sempat absen selama beberapa pekan pun menunjukkan kualitasnya sebagai pemain penting dengan permainan Esmeralda-nya. Geek Fam yang mencuri poin di game pertama dipaksa mencicipi kualitas permainan tim yang menumbangkan tim papan atas MPL ID S4. Lewat aksi sang Rising Star, Celiboy, armada Alter Ego memimpin dominasi dan melanjutkan tren positif dengan kemenangan 2-1 melawan Geek Fam.

Bagaimanakah kelanjutan dari gelaran liga Mobile Legends di pekan kedelapan nanti? Mampukah ONIC Esports keluar dari lose streak panjangnya? Atau, justru saatnya tim-tim papan tengah mengambil alih permainan dan mendominasi gelaran MPL ID S4?

Jangan lupa untuk terus saksikan Regular Season MPL ID S4 yang dipersembahkan oleh Xiaomi Blackshark dan disponsori oleh Dana di setiap akhir pekan (Jumat, Sabtu dan Minggu) secara langsung di MPL Arena (XO Hall Markas) ataupun Live Streaming-nya hanya di Facebook Fanpage Mobile Legends: Bang Bang.

Jangan lupa juga persiapkan diri untuk jadi saksi siapakah yang akan jadi
pemegang tahta esports paling dinamis di babak Playoff/Grand Final MPL ID S4 akan diselengarakan di Tennis Indoor Senayan pada tanggal 26 – 27 Oktober 2019.