Permainan Tradisional di Indonesia yang Mendunia

Masa kanak-kanak adalah masa yang banyak menghabiskan waktunya untuk kegiatan bermain, bisa diluar rumah atau di mana saja mereka inginkan. Bagi anak-anak yang penting adalah menghabiskan waktunya untuk menyenangkan hati mereka sepanjang hari. Mungkin di zaman sekarang permainan tradisional tidak pernah kita lihat lagi di lingkungan kita karena perkembangan teknologi. Tidak ada salahnya untuk melestarikan permainan tradisional, apa lagi bagi kalian yang belum tau, permainan tradisional ini ada yang mendunia loh. Meskipun permainan di zaman teknologi yang berkembang ini menawarkan banyak permainan menarik. Kita wajib bangga dengan permainan tradisional yang masih eksis di Indonesia sampai sekarang. Ini dia beberapa permainan tradisional yang terkenal ke manca negara:

Permainan Tradisional Engklek

Engklek Permainan Tradisional
sumber gambar: yogyakarta.panduanwisata.id

Permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih, pertama-tama kalian harus menggambar sebuah pola di tanah atau bisa di lantai dan untuk polanya banyak tergantung dengan daerah itu sendiri. Pertama, kita juga harus memiliki batu lempeng atau koin sebagai penanda. Kemudian pemain harus melompati kotak pola dengan satu kaki dan ada beberapa bagian kotak yang harus di lompati dengan dua kaki dalam bersamaan. Jika ada pemain yang menginjak garis, melewati batas atau tidak seimbang dan terjatuh, itu artinya giliran teman yang lain untuk bermain. Sejarah dari permainan engklek ini belum diketahui dengan jelas, tapi banyak orang yang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari Belanda dan berkembang dimasyarakat pada masa penjajahan. Permainan ini juga sangat populer hampir di setiap negara, meskipun dari setiap negara atau daerah berbeda cara memainkannya namun konsep dari permainannya tetap sama. Permainan ini juga dimainkan di Film Jelangkung di tahun 2001 dimana film Indonesia itu pun menembus pasar dunia saat itu. Permainan ini menjadi urutan pertama permainan tradisional yang mendunia dan tetap eksis sampai sekarang.

Pola Engklek Permainan Tradisional
sumber gambar: sicilik.com

Layang-Layang

Permainan Tradisional
sumber gambar: bali.panduanwisata.id

Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya akan budaya dan warisannya. Layang-layang salah satu dari permainan tradisional yang masih lestari sampai saat ini. Mendengar laying-layang pasti kalian langsung memikirkan tentang berlari, lapangan, terbang, karena itulah salah satu prasyarat bermain permainan layang-layang ini. Ternyata permainan ini pun digemari tidak hanya di Indonesia saja, tetapi banyak dimainkan di seluruh dunia yang menjadikan permainan laying-layang ini menempati urutan ke dua setelah engklek. Layang-layang adalah permainan yang dimainkan dengan cara menerbangkan suatu benda yang terbuat dari kertas, bambu atau kayu dengan di ikatkan oleh benang dan menjaga agar terbang dengan stabil. Namun seiring berkembangan zaman, laying-layang ada juga yang dibuat dengan plastik dan kain. Hebatnya sekarang ada layang-layang listrik yang digunakan untuk penelitian. Sejarah dari permainan ini berasal dari Tiongkok 500 tahun sebelum masehi, namun ada seorang peneliti handal yang meneliti permainan ini bahwa laying-layang berasal dari Pulau Muna Sulawesi Tenggara. Ayo lestarikan permainan tradisional ini yang konon ini asli dari Bangsa Indonesia. Tidak kalah menariknya juga dengan permainan teknologi zaman sekarang, selain melatih motorik si anak juga menjadikan tubuh terus bergerak.

Dakon

Dakon Permainan Tradisional
sumber gambar: lapaksebelah.com

Dakon adalah permainan yang dikenal dengan banyak nama di seluruh Indonesia. Permainan ini memanfaatkan sejenis biji-bijian, batu kecil atau sejenis cangkang kerang yang digunakan sebagai congklak. Pertama lobang diisi dengan tujuh buah batu, dan ada dua pemain yang saling berhadapan, dan dapat memilih lobang yang akan diambil, dan memasukannya ke lobang lainnya sampai habis. Jika biji sudah habis dan masuk di lubang yang ada biji lainnya, boleh mengambilnya lalu diisikan dalam lobang yang lain sampai terdapat pada lobang yang kosong. Pemain yang lain boleh memulai permainan dan yang memiliki batu terbanyak itulah pemenangnya. Sejarah dari permainan ini di zaman 7000-5000 S.M. seorang peneliti meyakini bahwa permainan ini berasal dari Timur Tengah dan menyebar ke Afrika kemudian menyebar ke Asia yang dibawa oleh seorang pedagang dan permainan ini mempunyai banyak nama juga di mancanegara. Misalnya Mancala yang berasal dari Bahasa arab ‘nagala‘ yang artinya bergerak. Di beberapa negara permainan ini ada kejuaraan nya juga loh, seperti di Afrika. Permainan ini digunakan sebagai pembelajaran untuk matematika menurut seorang peneliti bermain Dakon memiliki manfaat melatih fungsi kognotif otak dan juga melatih memori dan memecahkan masalah bagi sang anak.

sumber gambar: dunia belajaranak.id

Itulah dia beberapa permainan tradisional Indonesia yang sampai sekarang masih tetap eksis di Indonesia maupun mancanegara. Sebagai bangsa Indonesia, kita harus selalu melestarikan permainan tradisional yang diturunkan oleh nenek moyang kita. Salah satu nya memperkenalkan permainan tradisional ini kepada anak-anak. Siapa tau mereka bisa menjadikan permainan tradisional ini menjadi suatu game teknologi yang berkembang saat ini seperti Dakon yang sekarang mulai dikemas unik menjadi game di android atau smartphone. Ayo tetap lestarikan dan perkenalkan permainan tradisional milik bangsa kita Indonesia kepada dunia!

.