PlayStation merupakan sebuah konsol produkan asal Jepang yang sangat laku di kalangan gamers. Banyak game esklusif yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut seperti The Last of Us, God of War hingga Persona 5. Tentu untuk memainkan game ini gamers harus memiliki PlayStation.

Setelah beberapa kali dikabarkan bahwa PlayStation 5 sedang dalam pengembangan, akhirnya Sony Interactive Entertainment akhirnya resmi mengumumkan bahwa konsol next-gen tersebut akan meluncur pada akhir tahun 2020.

Selain itu Sony juga membagikan detail tentang controller baru yang akan hadir bersamaan dengan PlayStation 5. hingga saat ini Sony belum jelas temtang nama controller apakah tetap mengunakan DualShock atau tidak. namun Sony menjelaskan bahwa ada dua inovasi baru yang menarik.

Pertama Sony akan mengimplementasikan haptic feedback, atau mungkin sering dikenal sebagai getaran yang terjadi pada kontrolermu saat melakukan atau menerima suatu aksi. Memang bukan sesuatu yang cukup baru, namun Sony menjelaskan bahwa getaran-getaran tersebut akan memiliki rasa yang berbeda-beda. Menabrak dinding saat balapan misalnya, akan memiliki getaran yang berbeda seperti ke tackle saat bermain bola.

Kedua adalah addaptive triggers, yang diimplementasikan pada trigger buttons L2 dan R2. Para developer kini dapat memprogram ketahanan tombol tersebut untuk berbagai situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Pemain nantinya bisa merasakan sensasi yang berbeda saat menekan tombol tersebut, misalnya, sensasi saat membidik menggunakan busur akan terasa berbeda ketika ngebut melewati jalanan bebatuan.

Detail-detail lainya tentang PlayStation 5 sendiri akan diumumkan tahun depan. Kita tunggu saja gebrakan baru Sony untuk konsol PlayStation kedepan nya.