Halo VirtualVriends, setelah sebelumnya VV sudah menjelaskan apa itu mechanical keyboard, sekarang VV akan coba memberikan info menarik seputar Profile Keycaps. Keycaps atau ‘Tutskeyboard mempunyai Profile atau bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, biasanya dibuat sedemikian rupa supaya memberikan kenyamanan ketika mengetik.

Contoh macam-macam jenis Profile keycaps yang populer di dunia mekanikal keyboard

Jenis Profile Keycaps
Jenis Profile Keycaps

Profile keycaps banyak sekali macamnya dari yang paling umum dan banyak di pasaran hingga yang sangat langka sekali.

OEM Profile

OEM Profile Keycaps
OEM Profile Keycaps

OEM Profile atau yang biasa disebut keycaps bawaan pabrik biasanya banyak sekali di pasaran, dikarenakan jika kita membeli sebuah keyboard mekanikal hampir semua brand menggunakan profile jenis ini sebagai keycaps bawaan keyboard mereka.

Tai-Hao Profile

Tai-Hao Profile Keycaps
Tai-Hao Profile Keycaps

Tai-hao merupakan salah satu produk keycaps aftermarket yang harganya cukup terjangkau, biasanya pemain mekanikal keyboard yang masih newbie jika ingin mencoba mengganti keycapsnya selalu memilih Tai-Hao sebagai pilihan, dikarenakan harganya yang cukup terjangkau dan warnanya bervariasi, kelebihan dari produk Tai-Hao dibandikan dengan profile OEM bawaan pabrik terletak dari warnanya yang bervariasi, produk Tai-Hao mempunyai bentuk, ukuran dan tinggi yang sama persis seperti OEM profile.

SP DCS Profile (Signature Plastic DCS)

Signature Plastic DCS Profile Keycaps
Signature Plastic DCS Profile Keycaps

Signature Plastic merupakan salah satu produsen/produk keycaps asal Amerika Serikat, tentu saja dari harga dan kualitasnya pun jauh lebih diatas OEM dan Tai-Hao. Perbedaan yang sangat terasa mulai dari segi durabilitas, bahan yang digunakan, sampai ketebalan keycaps, DCS Profile merupakan salah satu Profile yang dibuat oleh Signature Plastic. DCS Profile mempunyai ukuran dan tinggi yang berbeda dengan OEM dan Tai-Hao: profile ini lebih pendek. dan bila dilihat dari atas lebih bulat. DCS Profile merupakan salah satu jenis yang sulit didapatkan, selain harganya yang cukup menguras dompet anda, untuk mendapatkannya pula anda harus mengikuti pre-order terlebih dahulu.

SP DSA Profile (Signature Plastic DSA)

Signature Plastic DSA Profile Keycaps
Signature Plastic DSA Profile Keycaps

Salah satu jenis keycaps unik buatan Signature Plastic, DSA sering disebut Low Profile Keycaps atau Flat Keycaps, sudah terlihat jelas ketika jenis-jenis sebelumnya tiap keycaps mempunyai bentuk yang berbeda-beda disetiap jajarnya. Disini, DSA mempunyai ukuran yang sama mulai dari depan hingga belakang, dan tentu saja lebih pendek dibandingkan dengan jenis yang lain. Sama seperti DCS, jika kalian berminat membeli keycaps jenis DSA, siapkan dompet anda dan kesabaran, karena harus mengikuti pre-order terlebih dahulu.

SP SA Profile (Signature Plastic SA)

Signature Plastic SA Profile Keycaps
Signature Plastic SA Profile Keycaps

Salah satu jenis keycaps favorit pencinta mekanikal keyboard, dan tentu saja salah satu buatan Signature Plastic, SA Profile atau sering disebut sebagai High Profile Keycaps merupakan salah satu favorit dikalangan pencinta keyboard, dikarenakan bentuknya yang unik dan lucu sehingga apabila dipasang di keyboard, akan terlihat unik dan ciamik. Dan tentu saja sama seperti keycaps buatan Signature Plastic lainnya, jika kalian berminat membeli keycaps jenis SA siapkan dompet anda dan kesabaran karena harus mengikuti pre-order terlebih dahulu.

Cherry Profile

Cherry Profile Keycaps
Cherry Profile Keycaps

Keycaps paling populer dikalangan “Enthusiast Mechanical Keyboard”, Cherry Profile merupakan salah satu jenis yang paling diminati. Selain salah satu pionir dalam mekanikal keyboard, Profile jenis ini sangat nyaman digunakan. Salah satu produsen keycaps jenis Cherry Profile yaitu GMK, perusahaan pembuat keycaps dari Jerman yang paling terkenal dan favorit para “Keyboard Mania”. Tentu saja buatan Jerman, tidak usah diragukan lagi kualitasnya, mempunyai kualitas terbaik namun sebanding pula dengan harganya yang dapat membuat VirtualVriends jantungan. Jenis ini mempunyai ukuran yang hampir sama dengan DCS, namun lebih rendah sedikit.

Beberapa contoh keycaps terlihat tampak atas:

Taihao Keycaps
Taihao Keycaps

 

Signature Plastic DCS Keycaps
Signature Plastic DCS Keycaps

 

Signature Plastic DSA Keycaps
Signature Plastic DSA Keycaps

 

Signature Plastic SA Keycaps
Signature Plastic SA Keycaps

 

Cherry Keycaps
Cherry Keycaps