Sudah pernah mendengar sebuah exploit untuk PlayStation 4 yang dikenal dengan nama PS4 Hen? Rasanya jika kamu merupakan fanboy nya Sony sih pasti tahu apa itu PS4 Hen. Pertanyaan besar muncul ke permukaan, apakah PS4 Hen ini merupakan sebuah solusi atau malah menjadi sebuah masalah baru yang patut diantisipasi?

Untuk yang belum tahu, PS4 Hen adalah singkatan dari PlayStation 4 Home Enabler yang merupakan exploit atau celah untuk bisa memainkan games dari PS4 tanpa perlu membelinya alias BAJAKAN! PS4 Hen sendiri terindikasi dibuat oleh HENkaku, grup yang berhasil menembus pertahanan dari PSVita setelah sekian lama tidak bisa dibajak.

Di tulisan ini, penulis tidak akan membahas bagaimana cara mengaplikasikan PS4 Hen ke PlayStation 4 kamu, tapi lebih kepada bagaimana PS4 Hen mempengaruhi penjualan dari console dan games dari PS4 itu sendiri, bagaimana respon dari user dari PS4, serta bagaimana dampak kedepannya.

PS4 Hen

Baru-baru ini industri games dikejutkan oleh sebuah kabar dari CEO Sony Interactive Entertainment, John Tsuyoshi Kodera yang mengatakan bahwa PlayStation 4 sudah di penghujung usia, yang berarti sebentar lagi kita akan bersiap menyambut console baru. PlayStation 5 kah?

Sebelumnya siklus ‘hidup’ PlayStation 3 sendiri adalah 11 tahun, terhitung sejak pertama kali dirilis dari tanggal 11 November 2006 sampai diumumkan berakhir masa hidupnya pada tanggal 29 Mei 2017 (untuk wilayah Jepang). PlayStation 4 sendiri diperkenalkan pada tanggal 15 November 2013, dan jika dilihat dari tulisan diatas, maka siklus ‘hidup’ PlayStation 4 pada tahun 2021 sudah memasuki 8 tahun.

Pertanyaannya adalah: Apakah perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat kehadiran console baru begitu urgent? Bagi penulis sendiri, saat ini PlayStation 4 sudah lebih dari cukup, apalagi dengan kehadiran PlayStation 4 Pro yang sudah mendukung resolusi 4K, kehadiran console baru bukan suatu keharusan. Dan kemudian apa hubungan antara siklus ‘hidup’ PlayStation 4 dengan PS4 Hen itu sendiri?

PS4 Hen dirilis pada awal tahun 2018 ini dan lalu muncul pernyataan bahwa PlayStation 4 sudah di masa-masa akhir hidupnya. Dengan 2 berita yang cukup mengejutkan ini, lalu kemudian memunculkan sebuah teori maupun anggapan bahwa kemunculan PS4 Hen ‘didalangi’ oleh orang dalam Sony sendiri.  Tujuannya? Meningkatkan penjualan PlayStation 4 pastinya!

Namun ini hanya sebuah teori yang memang tidak bisa dibuktikan dengan data dan fakta, tapi setidaknya mempengaruhi penjualan serta harga dari console dan games dari PlayStation 4 secara signifikan. PlayStation 4 dengan firmware 4.05-4.55 yang sudah diisi games PS4 Hen bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga sebelumnya.

PS4 Hen

Bagaimana dengan penjualan games bluray? Untuk games lama yang hanya membutuhkan firmware lama antara 4.05-4.55 rasanya mengalami penurunan yang cukup signifikan. Bagaimana games yang dihargai Rp300.000 keatas hanya dihargai Rp20.000 saja?

Memang pemilik PS4 Hen tidak sebanyak pemilik PS4 biasa dengan firmware resmi dari PlayStation 4, tetapi tetap saja ini merupakan Warning apalagi jika PS4 Hen bisa lebih berkembang ke firmware yang lebih baru yang pada akhirnya games baru pun bisa dimainkan di PS4 Hen, lambat laun pemilik PS4 Hen pun akan makin menjamur. Soal harga PS4 yang ikut melambung rasanya bukan masalah jika gamenya sendiri dihargai sangat murah.

Dari sisi user, kehadiran PS4 Hen seharusnya tidak membuat mereka goyah dengan beralih ke PS4 Hen. Memang games lebih murah dan lebih gampang didapatkan, tapi sayangnya PS4 Hen tidak bisa memainkan games baru. Lebih baik beralih atau tetap dengan firmware resmi dengan berbagai games baru eksklusif yang siap dirilis? Rasanya pilihan kedua lebih menggiurkan.

Lalu apakah PS4 Hen merupakan solusi untuk bisa memainkan games PlayStation 4 dengan murah? Sebaiknya tidak, tapi malah perlu diantisipasi. Selain membuat iklim penjualan console dan gamesnya menjadi tidak sehat, tentu saja bajakan jelas tidak dibenarkan. Karena sudah tanggung tersebar, lebih baik PS4 Hen cukup hanya di firmware 4.05-4.55 saja.

Tapi bagaimana jika memang teori yang dijelaskan sebelumnya bahwa PS4 Hen memang ‘didalangi’ orang dalam Sony? Jika benar seperti itu, rasanya ini merupakan strategi Sony untuk meningkatkan penjualan PlayStation 4 di akhir siklus ‘hidup’ nya. Cukup nikmati semua kehebohan tentang PS4 Hen yang telah ada selama ini, tinggal tentukan pilihan, beralih mundur ke PS4 Hen atau tetap maju bersama firmware baru dan games-games eksklusif baru.

*UPDATE: Saat ini PS4 Hen hanya sampai firmware 5.05