Sudah beberapa hari sejak game Ragnarok M yang rilis pada platform Android, popularitasnya kian melejit dikalangan RPG enthusiast. Selain dari judul franchise-nya yang telah melekat dihati gamer Indonesia, ternyata dari segi gameplay-nya, Gravity Interactive selaku pengembang mampu menyuguhkan kualitas gameplay yang baik. Namun ditengah popularitasnya yang tinggi, beberapa user telah menyadari bahwa beberapa fitur dari game terdahulunya tidak bisa dinikmati dan banyak mekanisme yang hilang.

Sejak awal permainan Ragnarok M, para pemain akan langsung disuguhkan oleh questyang beragam dan berantai. Pada awalnya, para pemain mencoba bermain Ragnarok dengan cara lama, yaitu farming terus-menerus dan bisa mendapatkan leveling yang lebih cepat dan drop item yang baik. Tetapi hal tersebut tidak bisa dilakukan, karena expyang didapatkan dari monster sangat sedikit sekali. Sehingga, mau tidak mau pemain selalu mengandalkan quest untuk leveling.

Ragnarok M

Pada Ragnarok M ini, seluruh pemain diharuskan untuk membunuh monster atau farming untuk mendapatkan item dengan rarity yang berbeda seperti game RPG pada umumnya. JIka player menginginkan item bagus, salah satu caranya adalah dengan farming monster hingga berjam-jam seharian. Tetapi apabila player menginginkan peningkatan drop rate, pemain tersebut bisa membayar real money untuk meningkatkannya, sudah menjadi hal yang lumrah dikalangan mobile game.

Tetapi ada yang salah satu fitur yang terlihat sepele tetapi sulit untuk dilakukan di game ini, yaitu menikah. Pasalnya fitur ini dihargai dengan in-game money sebesar 5 juta zenny yang ditanggung oleh pihak pria. Meskipun mata uang zenny adalah mata uang in-game, tetapi jumlah tersebut sangat sulit didapatkan oleh kebanyakan pemain, menjadikan fitur ini hanya untuk player “Sultan”.

Overall, microtransaction di game Ragnarok M belum cukup worth selain gatcha systemyang memuat item penambah persentase exp yang diterima selama berpetualang. FItur-fitur ekslusif yang didapatkan juga worth bagi beberapa pemain yang menginginkan kegagahan dan akses item bagus yang lebih mudah.