Bagi kalian yang menyukai games dengan genre Real-Time Strategy (RTS), pasti kalian pernah memainkan atau setidaknya tahu games seperti Commandos Series, Desperados Series, atau Robin Hood: The Legend of Sherwood. Ketiga games ini merupakan contoh terbaik untuk genre Real-Time Strategy yang sudah ada sejak lebih 1 dekade yang lalu.

Real-Time Strategy
Commandos

Dulu, ada games strategy lainnya selain yang disebutkan di atas, seperti Civilization, StarCraft, Age of Empires, Command & Conquer, dll. Tapi menurut penulis sendiri, sensasi memainkan games di atas kurang ‘nikmat’ dibandingkan games yang disebutkan sebelumnya. Apa bedanya? Padahal masih genre yang sama (strategy).

Untuk games seperti Commandos, Desperados, maupun Robin Hood, dalam game nya memasukkan unsur Stealth & Tactics. Ini faktor utama yang menjadikan ketiga games ini begitu melekat bagi para pencinta games strategy saat itu. Ketiganya mempunyai ciri khas gameplay yang sampai saat ini masih sangat diinginkan kehadirannya.

Real-Time Strategy
Desperados

Sayangnya, sekarang ini kita kekurangan games dengan genre seperti ini, bahkan bisa dibilang tidak ada sama sekali. Kenapa Developer tidak mau membuatnya padahal genre seperti ini banyak sekali peminatnya. Memang mungkin alasan yang paling kuat adalah games seperti ini tidak mengikuti tren yang ada saat ini yang di dominasi genre First-Person Shooter, Third-Person Shooter, Action-Adventure, dan Open World sehingga Developer beranggapan tidak akan menghasilkan uang.

Real-Time Strategy
Robin Hood: The Legend of Sherwood

Cukup disayangkan genre-genre seperti ini tidak ada dan tidak dikembangkan lagi. Padahal, penulis rasa potensi nya masih besar dan sangat dinantikan. Butuh contoh? Silahkan lihat disini. Setelah menunggu sangat lama akhirnya reinkarnasi dari games Commandos, Desperados, Robin Hood hadir kembali dalam wujud games Shadow Tactics.

Shadow Tactics secara terang-terangan mengambil konsep Commandos, Desperados, maupun Robin Hood. Review pun Overwhelmingly Positive! 97% dari seluruh yang membeli game ini menyatakan puas dan memberikan feedback positif terhadap game ini. Bahkan mereka pun menunggu DLC atau pun sekuel dari game ini dengan tema yang sama ataupun tema yang lainnya seperti kerajaan, bajak laut, dan lainnya.

Real-Time Strategy
Shadow Tactics

Mimimi Productions (Developer Shadow Tactics) pun membuktikan bahwa games dengan genre seperti ini masih banyak peminatnya. Penulis pun memainkan nya, dan jujur games seperti ini yang benar-benar penulis tunggu. Jalan cerita yang bagus, karakter yang kuat, sampai gameplay yang menarik, membuat games ini benar-benar seperti reinkarnasi dari games Commandos, Desperados, dan Robin Hood.

Kesuksesan Shadow Tactics diharapkan menjadi jalan Developer lain untuk membuat games Real-Time Strategy Stealth Tactics dengan cita rasa yang sama seperti ini. Karena sesungguhnya, begitu banyak potensi dan keuntungan yang bisa di dapatkan, seperti apa yang dialami oleh game Shadow Tactics ini.