Pernahkah kalian ingin meninggalkan hiruk pikuk kota dan pergi ke alam bebas setelah mendengarkan musik folk? Atau kalian pernah mendengarkan musik yang seperti demikian namun bingung mencari lagu-lagu lain yang ingin kalian dengar? Tenang, saya rekomendasikan 5 band folk Indonesia yang bisa membuat hari kalian lebih indah.

Stars And Rabbit

5 Band Folk Indonesia
Stars And Rabbit

Band asal Yogyakarta ini salah satu band folk Indonesia yang pernah manggung di negeri orang. Band yang di isi oleh Adi Widodo dalam gitar dan Elda Suryani dalam vokal, sudah memilik album pertama mereka yang dinamai Constellation. Ketika saya pertama kali mendengar band ini di youtube jujur, ada kharisma lain yang membawa saya untuk jatuh cinta kepada band ini. Dengan vokal khas Elda yang pernah menjadi vokalis band Evo dan petikan gitar sederhana Adi membuat satu kombinasi yang membuat telinga nyaman mendengarnya. Cobalah dengarkan lagu ‘Man upon the hill’, mungkin kalian akan merasakan jatuh cinta dalam pandangan yang berbeda.

Silampukau

5 Band Folk Indonesia
Silampukau

Jika boleh dibilang mereka adalah salah satu band yang membuat saya jatuh cinta kepada musik folk sekali lagi. Musik mereka mempunyai ciri khas tersendiri. Seperti dua orang yang mempunyai kota Surabaya, mereka mengaduk semua yang ada di Surabaya dalam lagu-lagu mereka. Jika kebanyakan lirik-lirik lagu folk itu mengandung sastra dan indah, mereka memilih menggunakan kata-kata yang sering di ucapkan oleh kita sehari-hari. Walaupun begitu, dalam lirik-lirik mereka terdapat makna indah tersendiri yang membuat kalian candu.

Banda Neira

5 Band Folk Indonesia
Banda Neira

Kesan pertama saya mendengar lagu dari band ini seperti kesan pertama saya mendaki gunung, indah. Kepiawaian Ananda Badudu dalam memetik gitar dan halusnya vokal Rara Sekar serta lirik-lirik yang indah membuat band ini berbeda dengan yang lain. Namun sayang, band yang sudah melahirkan dua album ini harus berpisah dan sepakat tidak akan melanjutkan lagi Banda Neira.

Danilla

5 Band Folk Indonesia
Danilla

Nama lengkap Danilla Jelita Poetri Riyadi ini menjadi salah satu musisi pendatang baru yang oleh para pendengar musik folk dicintai dalam arti yang luas. Selain berparas cantik, anak dari Ika Ratih Poespa ini memiliki suara yang menenangkan. Dalam setiap bait liriknya, Danilla ingin menyampaikan pesan yang berbeda-beda di setiap lagunya kepada para pendengar. Salah satu contohnya seperti lagu ‘Berdistraksi’ yang pas untuk kalian yang sedang berada dalam situasi friendzone.

Payung Teduh

5 Band Folk Indonesia
Payung Teduh

Bisa jadi Payung Teduh adalah band folk yang paling tersohor saat ini. Hampir semua kalangan menyukai alunan lagu-lagu mereka. Band yang dibentuk pada tahun 2007 ini sudah memilik dua album yaitu Self Titled dan Dunia Batas. Belum lama ini mereka meluncurkan single terbaru mereka yaitu ‘Akad’. Ciri khas gitar Mohammad Istiqamah masih bisa di dengarkan di single terbaru mereka.

Itulah 5 Band folk Indonesia yang saya rekomendasikan untuk kalian yang rindu akan musik-musik yang indah. Sebenarnya masih banyak band-band folk yang bisa kalian nikamti. Jika ada band folk yang bisa kalian rekomendasikan, tuliskan di komentar yaa!