Shabu Kojo adalah restoran dengan tema masakan Jepang yang menyediakan keleluasaan dalam menyantap shabu-shabu dan yakiniku. Ya, all you can eat alias makan sepuasnya dengan regulasi yang pada umumnya sudah menjadi peraturan umum pada restoran-restoran Jepang yang mengusung tema ini.

Para pramusaji (waiter/waitress) pun akan menyapa kalian dengan hangat, tentunya dengan salam ala bahasa Jepang yang mungkin sering kalian dengar dalam anime atau J-Dorama favorit kalian.

Shabu Kojo
Daftar pilihan menu di Shabu Kojo Jalan Progo No. 20 Bandung (November 2017, dok. penulis)

Setelah kalian memilih paket yang terdapat dalam daftar menu, bersiaplah untuk pesta makan! Dengan waktu kurang lebih 120 menit, kalian bisa menyantap bermacam varian makanan, minuman, dan penganan yang akan tersaji secara prasmanan tidak jauh dari meja makan kalian.

Tentunya pengunjung akan merasa nyaman ketika ditemani dengan bermacam oranmen, furnitur, etalase, dan bermacam elemen visual yang mencampurkan tema-tema Jepang dan Indonesia dalam satu tempat. Nah, kebetulan suasana seperti deskripi di atas sangat jelas turut hadir di Shabu Kojo.

Shabu Kojo
Suasana ruang makan di Shabu Kojo (November 2017, dokumentasi penulis)

Ada empat varian jenis daging yang bisa kalian pilih di Shabu Kojo: basic savoury, special tender, special wagyu, dan premium wagyu. Kalian bisa memilih salah satu dari empat jenis daging tersebut. Mungkin pilihan daging tergantung dari kantong, dompet, rejeki, status sosial, atau jurus-jurus pencitraan kalian ketika mencoba mentraktir calon mertua atau pacar. Makin disayang dan makin kredibelkah kalian jika membeli special wagyu bagi pacar dan calon mertua?

Setelah memilih kasta dari daging, kalian pun wajib memilih jenis sup alias kuah yang akan menemani santapan-santapan yang akan kalian rebus dalam panci nanti.

Ada 8 jenis sup dengan 3 tingkat intensitas kuah yang digolongkan menjadi golongan ringan (light), sedang (medium), dan kuat (strong). Begitu kalian memilih salah satu dari 8 jenis sup tersebut, para pramusaji akan datang dengan serentak dan mengisi panci yang akan menemani kalian bereksperimen dengan makanan-makanan yang akan kalian coba rebus dan kombinasikan.

Shabu Kojo
Suasana ruang prasmanan di Shabu Kojo (November 2017, dokumentasi penulis)

Ketika beberapa rentetan penyajian sudah dimulai, kini giliran kalian mendatangi etalase-etalase yang dipenuhi dengan varian makanan. Sebaiknya, bila kalian berkesempatan, cobalah eksplorasi sendiri dan temukan bahan makanan, minuman, saus, penganan yang cocok bagi kalian. Kalau kalian jaim, bersiaplah melewati pengalaman dalam mengeksplorasi varian makanan di Shabu Kojo.

Seriphan Pengalaman Penulis

Karena ketika datang ke tempat ini Sang penulis hanyalah bujang kere, alhasil penulis pun hanya berani mencoba jenis daging basic savoury beserta kuah miso sebagai pendamping. Namun, dagingnya tetap saja enak! ‘Sikaat!

Shabu Kojo
Daging golongan basic savoury di Shabu Kojo (dok. penulis)

Seperti yang dapat kalian lihat pada gambar di atas, terdapat cukup banyak bagian gajih pada jenis basic savoury. Bagi kalian yang kurang suka dengan gajih, atau bagi kalian yang dituntut untuk menyuguhi calon mertua dan pacar kalian yang kurang suka dengan gajih harus bersiap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam.

Mungkin saja kredibilitas dan intensitas cinta sang calon mertua dan pacar makin meningkat ketika kalian memilih daging jenis premium? Patut dicoba bagi yang mampu dan siap-siap makan nasi plus garam beserta mie instan selama sebulan bagi kalian yang sok-sokan mampu.

Penulis berhasil menghabiskan kurang lebih 22 plate daging. Mencoba sedikit nasi yang tersaji, dan sangat kaget dengan kemantapan nasi Jepang pilihan yang dihadirkan di sini! Sangat gurih, enak, dan kalau kebanyakan kamu bakal kenyang serta bisa-bisa tidak bisa lagi mengunyah varian daging enak karena kekenyangan.

Shabu Kojo
Tangan penulis rakus, bersama meja yang blepotan.

Penulis cukup kaget ketika melihat tersajinya banyak varian makanan ringan, variannya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan restoran sejenis. Ada baso ikan goreng, sushi roll, dan banyak lagi gorengan ala Jepang yang penulis sendiri tidak mengetahui apa nama makanan tersebut. Yang penting penulis tahu rasanya, enak!

Tak ketinggalan, ada kare juga yang akan menambah deretan kelengkapan makanan berat di Shabu Kojo. Es krim pun sudah menunggu kalian yang sedang berkeliaran mencari makanan penutup, ada empat rasa es krim di sini: vanilla, coklat, stroberi, dan teh hijau.

Belum lagi, varian minuman yang juga tegolong cukup banyak jika dibandingkan dengan restoran sejenis. Penulis pun menjatuhkan pilihan pada coklat dingin sebagai pelengkap. Bagi yang suka minuman dingin, kalian bisa mengambil es batu sesuai selera kalian demi menemukan intensitas dingin yang kalian favoritkan.

Dari perspektif varian, mungkin yang kurang dari Shabu Kojo adalah jenis varian sayuran. Restoran ini hanya menyediakan jenis sayuran pada umumnya. Ketika penulis mampir ke Shabu Hachi, penulis menemukan varian sayuran yang lebih lengkap. Bagi kalian yang memfavoritkan varian sayur ketika mampir ke restoran shabu-shabu, bersiaplah untuk sedikit kecewa. Bagi yang tidak suka sayuran, silahkan abaikan.

Karena penulis termasuk dalam golongan manusia rakus dan berperut karet, plates daging yang tersaji di meja pun kerap ludes dengan kecepatan di atas rata-rata para manusia dengan didikan table manner. Ketika penulis meminta tambahan daging pada pramusaji, penulis merasakan ada momen-momen dimana stok pengantaran daging tersaji dengan waktu yang cukup lambat.

Menunggu dalam waktu yang cukup lama untuk stok plates dengan daging segar tidak penulis temui ketika berkunjung ke Shabu Hachi. Kondisi tersebut penulis rasakan dalam suasana malam minggu, dengan antrian pengunjung yang cukup padat, serta rombongan pengunjung yang sedang merayakan acara ulang tahun. Semoga saja hal tersebut terjadi karena beberapa faktor tersebut. Tapi, secara garis besar penulis cukup puas dan cukup sabar.

Kesimpulannya, Shabu Kojo merupakan tempat yang cukup menyenangkan bagi kalian yang ingin memanjakan lidah. Paket dagingnya cukup murah jika dibandingkan dengan restoran-restoran sejenis di kota Bandung. Dalam beberapa kategori, variannya pun lebih lengkap bila dibandingkan dengan restoran-restoran sejenis di kota Bandung.

Mungkin Virtual Vriends punya opini lain? Coba dulu tentunya! Silahkan kunjungi Jl. Progo No.20, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115.

Untuk reservasi, kalian bisa mencoba menguhubungi: (022) 4238944

Untuk pemesanan secara daring (online), bisa mengunjungi: qraved.com