Perkembangan teknologi smartphone yang begitu pesat memungkinkan para gamer untuk bisa menikmati sebuah game bertama battle royale yang dulu hanya bisa kita nikmati di warnet, kini bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja.

Jika berbicara soal game mobile bertemakan battle royale yang sedang populer saat ini khususnya di Indonesia, PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) mobile dan FF (Free Fire) menjadi game yang sering dimainkan.

Lantas apa kira-kira yang membedakan kedua game ini? Penulis akan membahasnya pada artikel kali ini

Daya Tampung Pemain

Tentu karena kedua game ini bertema battle royale sudah pasti disetiap permainan akan terdapat banyak player yang ikut serta. Semakin banyak player yang bermain mungkin akan mempengaruhi jalannya permainan, tingkat kesulitan pun kian membesar. Buat kamu yang memang menyukai tantangan lebih mungkin kamu akan lebih menyukai PUBG pasalnya game ini sendiri mampu menampung hingga 120 orang di setiap permainan, sementara Free Fire sendiri hanya bisa menampung hingga 50 orang aja.

Map

Ini menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah game bergenre Battle Royale, tentunya karena map sendiri merupakan area berlangsungnya permainan. Untuk soal map PUBG sendiri sebenarnya lebih unggul dalam segi luas, lebih banyak tempat yang dapat dieksplorasi dan musuh pun juga tidak berdekatan. Namun map yang begitu besar membuatnya lebih sulit ketika zona permainan mengecil, kita harus cepat-cepat mencari kendaraan untuk mencapai safe zone tanpa terkejar shringking line. Sedangkan, untuk Free Fire sendiri karena areanya tidak terlalu luas membuat musuh menjadi lebih berdekatan, namun kamu tidak perlu terlalu khawatir saat zona permainan mengecil.

Kualitas Visual

PUBG

Untuk urusan visual ataupun grafis, PUBG tentu unggul karena memang game ini sendiri lebih dulu rilis di PC, membuat pihak developer lebih berpengalaman dalam menawarkan kualitas visual dalam versi mobile-nya. Namun ini juga menjadi semacam bumerang bagi pemilik smartphone dengan spesifikasi rendah atau kurang mempuni, pasalnya PUBG sendiri memiliki kebutuhan spek yang lebih tinggi dibandingkan Free Fire. Sementara itu, karena Free Fire sendiri merupakan game battle royale Low-Spec Friendly, game ini menjadi bisa dinikmati lebih banyak kalangan.

Mode Permainan

Dalam hal ini PUBG juga bisa dibilang mengungguli Free Fire karena memiliki mode permainan lebih banyak ada TPP, FPP, Classic, Arcade, Training, Duo, Solo, dan Squad. Sementara Free Fire terdiri dari Classic, Death Race, Ranked, Rush Hour, Solo, Duo, dan Squad. Namun tentu saja mode permainan dua game tersebut memiliki pengalaman uniknya masing-masing sehingga para player sendirilah yang bisa menentukan yang mana yang terbaik.

Slogan Kemenangan

PUBG

Game battle royale kurang lengkap rasanya jika tidak ada yang namanya slogan kemenangan. Karena hal ini juga bisa menjadi sebuah suntikan motivasi para player untuk memenangkan setiap permainan. PUBG sendiri telah mempopulerkan slogan “Winner Winner Chicken Dinner” bahkan saking populernya slogan ini juga familiar di kalangan non gamer sekalipun. Sementara untuk Free Fire sendiri jika kita memenangkan permaianan maka akan muncul slogan “Booyah!”.

Itulah kira-kira beberapa perbedaan dari PUBG Mobile dan FreeFire. Meskipun sama-sama bergenre battle royale dan bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja, kedua game tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun demikian, ada baiknya kamu memainkannya sendiri agar bisa menentukan yang mana yang terbaik diantara keduanya. Sekian dari penulis, dan terimakasih sudah membaca artikel kali ini!