Universitas Gunadarma dari kota Depok berhasil keluar sebagai Juara Turnamen GoPay MLBB Campus Championship 2020 (GoPay MLCC 2020) setelah berhasil mengalahkan Universitas Sriwijaya Palembang di babak Grand Final pada 5 April 2020.

Tidak hanya gelar juara dan membawa pulang piala GoPay MLCC 2020, Gunadarma juga berhasil membawa pulang penghargaan sebagai Tim dengan Kill, Death, dan Assist terbanyak serta uang tunai sejumlah Rp111juta dari total hadiah Rp396juta.

Turnamen berskala nasional khusus untuk level universitas ini menjadi turnamen pertama yang didukung secara resmi oleh pihak universitas di Indonesia dan diadakan secara resmi oleh Moonton Indonesia selaku game developer dan publisher dari Mobile Legends: Bang Bang.

Dimulai sejak 31 Januari 2020 di Kota Surabaya, turnamen GoPay MLCC yang juga didukung oleh Codashop, Pop Mie, serta Samsung Galaxy A Series ini berhasil menarik lebih dari 2,000 tim dari universitas-universitas yang ada di 10 kota besar di Indonesia. 

Universitas Gunadarma berhasil mengalahkan Universitas Surabaya (2-0) di babak 8 besar serta Universitas Kristen Petra Surabaya (2-1) di babak semi-final. Secara dramatis dan setelah melewati pertarugnan yang sengit, Universitas Gunadarma menang atas Universitas Sriwijaya Palembang dengan skor (3-2).

Sempat unggul 2-0, Universitas Sriwijaya melakukan perlawanan yang cukup sengit hingga membuat kedudukan seri 2-2. Namun kekompakan tim Universitas Gunadarma yang terdiri dari mahasiswa semester 6, semester 8, dan mahasiswa baru ini pun berhasil menjadi kunci kemenangan mereka.

Melalui Video Call, Mohammad Yunus Indrawan (Nuse), perwakilan dari tim Universitas Gunadarma menyatakan kebanggan atas prestasi yang ia dan timnya raih walau turnamen dilakukan secara online karena situasi pandemi.

“Kami sangat senang bisa menjadi juara setelah melewati rangkaian pertandingan yang cukup menegangkan. Terima kasih untuk semua yang sudah mendukung perjalanan kami dari awal, terima kasih untuk penyelenggara acara. Terima kasih untuk semuanya”, ujar Yunus bahagia melalui video call dari kamarnya.

Aswin Atonie, selaku Brand Director dari Moonton Indonesia, menyatakan bahwa sejatinya GoPay MLCC 2020 diadakan untuk memberikan wawasan serta memperkenalkan industri game dan eSport kepada para mahasiswa di Indonesia.

“Melalui acara ini, secara aktif kami melakukan edukasi melalui seminar-seminar bahwa industri game dan eSport tidak selalu tentang bermain game. Banyak elemen yang dibutuhkan: dimulai dari manajemen, komunikasi, kemampuan IT, bahkan finance management. Kami berharap makin banyak talenta Indonesia yang berkualitas terlibat dalam industri game dan mendukung perkembangan industri yang sangat menjanjikan ini”, ungkap Aswin.

Aswin juga menambahkan bahwa keberhasilan acara ini sangat bergantung kepada banyak pihak.

Gunadarma
MLCC Offline Qualifier Bali(Universitas Udayana, 21 Feb 2020)

“Sejak awal GoPay MLCC 2020 mendapatkan animo serta bantuan yang besar dari pihak universitas dan mahasiswa. Kami mengucapkan terima kasih kepada 32 universitas yang telah membukakan pintu untuk turnamen ini. Moonton Indonesia juga berterima kasih kepada para sponsor serta tim penyelenggara yang telah mendukung dan membuat acara ini berhasil”, ujar Aswin.

Gunadarma
MLCC Offline Qualifier Palembang(Universitas Sriwijaya, 3 Maret 2020)

GoPay sebagai sponsor utama MLCC 2020, diwakili Reza Putranta, Senior Marketing Manager GoPay menyatakan, “GoPay mengucapkan selamat kepada Universitas Gunadarma yang berhasil menjadi pemenang pada kompetisi GoPay MLCC 2020.

Grand final GoPay MLCC 2020 yang digelar secara online dan dimainkan dari rumah masing-masing peserta, merupakan salah satu upaya kami dan penyelenggara untuk ikut menjaga keamanan bersama dengan membatasi kontak fisik namun tetap produktif dan fun. Kami juga berterima kasih kepada seluruh peserta grand final yang membuktikan bahwa meskipun #dirumahaja kita dapat bertanding dengan seru dan maksimal seperti biasanya”,

Gunadarma

Ikut diramaikan oleh Ziva Magnolya, Juara 3 Indonesian Idol X, para penggemar pun merasa terhibur walaupun berada di rumah.

“Makasih MOBA (MLBB) sudah undang Ziva.. ga sia sia nunggu!”, ujar akun Incess Dewi di komentar Live Streaming GoPay MLCC Indonesia.

Berikut list pemenang dari GoPay MLCC Indonesia 2020:

Selain GoPay MLCC 2020, Moonton Indonesia, melalui gim MOBA no. 1 di Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) juga sudah menyiapkan rangkaian acara yang legendaris bagi para penggemar di Indonesia. Sebut saja MLBB 515 All Star Party 2020 untuk merayakan ulang tahun ke-4 MLBB di Indonesia, MLBB Professional League (MPL) Musim Ke 6 di Bulan Juni, serta M2 MLBB World Champions di Bulan November nanti. Ayo temukan momen legendarismu bersama Mobile Legends: Bang Bang!