Setelah sukses memasuki pasar Amerika lewat acara Game Connection America(GCA) 2019 bulan Maret lalu, 10 perusahaan game Indonesia kini siap masuki pasar Eropa lewat Gamescom 2019 yang akan diadakan tanggal 20 hingga 24 Agustus 2019 mendatang di Cologne, Jerman.

Sepuluh perusahaan game tersebut antara lain Agate International, MassHive Media, Megaxus Infotech, Wawa Games, Ozysoft Studio, Touchten Games, IESPL, Komodoz, Plexus & Oray Studios dan Everidea Interactive.

Semua itu berkat program Archipelageek yang diinisiasi oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk mengikutsertakan delegasi Indonesia di Gamescom 2019.

Archipelageek sendiri merupakan program yang bertujuan untuk membantu pelaku industri kreatif khususnya di subsektor aplikasi dan pengembang permainan agar bisa unjuk gigi di pasar global dan mendapatkan rekan bisnis potensial.

Ini merupakan kali pertama Archipelageek ikut berpartisipasi dalam acara game terbesar di tanah Eropa tersebut. Meskipun perkembangan industri game di Indonesia sendiri bisa dibilang masih sangat muda, semoga saja dengan keikutsertaan 10 perwakilan Indonesia ke Gamescom 2019 mampu menguatkan industri ini hingga nantinya bisa lebih dikenal dikancah internasional.