Stick PS yang biasanya dijual di supermarket memang menggiurkan karena harga yang sangat terjangkau, namun apakah hal itu sepadan ketika barang nya cepat rusak? tentu tidak.

tentunya para gamers pc akan membeli stick murah ini hanya untuk bermain game ber-genre soccerball namun selalu ada keluhan kalo analognya tidak tahan lama atau bahkan sticknya tidak bisa digunakan.

Mengapa Controller sekarang cepat rusak?

dibanding buatan SCE atau Sony Computer Entertainment, controller yang dijual pasaran menggunakan komponen yang cukup murah. hal ini terjadi karena mereka hanya mengejar angka penjualan dibanding kualitas dari produk yang dijual. Jika kalian berniat untuk membongkar stik, bisa dilihat dari kabel yang digunakan produsen cukup ringkih dan sangat murah. dibanding original, kabel stik tidak memiliki socket melainkan kabel langsung disolder ke papan PCB.

masalah kedua ini sering ditemukan oleh gamers PES dan FIFA, yaitu analog yang posisinya tidak bisa kembali lagi. Tentu sebagai player game tersebut kita sering menggunakan analog sebagai pengarah dari karakter game. Hal ini juga terjadi pada controller yang original namun tidak dalam waktu yang sangat cepat.

lalu mengarah ke penggunaan karet karet, hal ini sangat sering disepelekan oleh para pembuat, sayangnya hal ini adalah salah satu bagian yang sangat berpengaruh pada kinerja controller, jika karet karet ini sudah rusak maka feedback yang diberikan tombol sangat buruk dan dapat membuat player tidak nyaman. Karena pembuatan nya massal dan ngasal, terkadang tombol yang digunakan terlalu dalam atau terlalu keluar, beruntung sekali jika dapat yang terlalu keluar, karena dengan itu kita sebagai user dan player tidak harus menekan tombol terlalu dalam dan keras

jika diingat, harga yang dipasarkan memang sangat murah karena produsen controller KW hanya memikirkan kuantitas dibanding kualitas. disatu sisi hal ini menguntukan para modder untuk menjadikan controller murahan itu sebagai test subject dan juga mengubah penampilan stik seperti keinginan pribadi tanpa menaruh risiko pada controller original yang harganya cukup jauh dibanding kw.

itulah alasan mengapa stik PS zaman sekarang cepat rusak menurut virtual verbal.