Buat kamu para penggemar film bertemakan superhero, ini jadi kabar yang cukup mengejutkan dan membahagiakan disaat yang bersamaan. Pasalnya seakan tidak mau kalah dari film adaptasi komik superhero luar negeri ala MCU dan DCEU, Indonesia kini akan menerapkan konsep yang serupa lewat Bumilangit Cinematic Universe-nya.

Banyak yang tidak tahu bahwa sebagaimana perkembangan genre superhero di industri komik luar negeri, Indonesia juga memiliki pasarnya sendiri. Banyak superhero lokal bermunculan saat itu, baik dari genre kolosal dengan balutan cerita di era para pendekar, hingga di era modern mengikuti perkembangan zaman dikala itu.

Semua itu tentunya berkat para seniman komik lokal yang malang melintang memperkenalkan tokoh jagoan asli Indonesia, salah satunya adalah Harya Suraminata atau akrab disapa Hasmi. Ia merupakan seorang komikus yang terkenal lewat karyanya “Gundala Putra Petir” yang adaptasi filmnya akan segera tayang tanggal 29 Agustus 2019 medatang.

Kabar baiknya, film ini nantinya akan mengawali terbentuknya semesta film superhero Indonesia yang terbagi jadi 4 Era, yaitu Era Legenda, Era Jawara, Era Patriot, dan Era Revolusi.

Bumilangit Cinematic Universe atau Jagat Sinena Bumilangit dimulai sejak letusan Gunung Toba 75.000 tahun sebelum Masehi. Terciptalah Era Legenda yang merupakan kisah yang berlatar zaman es akhir, hingga peradaban Sundalandia dimulai.

Lalu berlanjut ke Era Jawara yang merupakan eranya para pendekar dimasa kerajaan nusantara. Beberapa tokoh dari era ini diantaranya Si Buta dari Gua Hantu dan Mandala.

Hingga akhirnya berlanjut ke Era Patriot yang merupakan era para jagoan yang hidup di masa sekarang, contohnya seperti Gundala, Sri Asih, Godam, Sembrani, dan Tira.

Seluruhnya ada lebih dari 1000 karakter di Bumilangit Cinematic Universe ini, yang film-filmnya akan mulai diproduksi dari tahun 2019 sampai tahun 2023 mendatang. Bagaimana menurutmu, sudah tidak sabar menantikan film-film superhero karya anak bangsa?